MANFAAT KUDA LAUT

Manfaat Kuda Laut
==================






Kuda Laut ternyata mempunyaj kasiat yang mana kasiatnya adalahbisa di buat obat seperti Obat Titan Gel , secara fisik memang tidak seperti ikan, namun faktanya hewan laut ini digolongkan ke dalam jenis ikan dari genus Hippocampus dan famili Syngnathide. Dengan hidup di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia, hewan ini merupakan satu-satunya spesies yang hamil itu justru si jantan.

Saat kawin, kuda laut betina akan menyalurkan sel-sel telurnya ke kantung khusus si jantan selama 5 sampai 10 detik. Disaat yang bersamaan, si jantan akan menyemprotkan ratusan sperma ke air kemudian berenang mencari sel telur. Sampai saat ini, para peneliti belum menemukan cara para sperma menemukan para sel telur dengan begitu cepat. Unik ya?


Hewan yang juga disebut dengan seahorse ini memiliki ukuran yang bervariasi antara 16 mm sampai 35 cm. Siapa sangka, dengan ukurannya yang kecil tersebut, ternyata telah dikenal sebagai pembangkit stamina sejak dulu. Dokter tradisional Cina akan menumbuk kuda laut kering hingga menjadi serbuk kemudan diseduh dengan air hangat atau dimasukkan ke dalam kapsul.

Tahukah kamu? Bahwa masyarakat Sabah, Malaysia setidaknya menggunakan 10 spesies kuda laut untuk digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan. Hebat sekali ya hewan kecil ini. Penasaran dengan manfaat lainnya? Yuk disimak.

1. Pembentukan Janin

Penelitian terdahulu melaporkan bahwa kuda laut memiliki kandungan tinggi protein, asam amino, dan asam lemak. Kandungan proteinnya yang tinggi ternyata memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi, khususnya untuk ibu hamil. Protein dalam hewan laut ini akan berguna untuk membantu pertumbuhan organ seperti otak, tulang, otot, hingga sistem pernapasan.

Walaupun kandungan proteinnya bermanfaat untuk ibu hamil, namun tetap harus dalam batas wajar. Kebutuhan protein ibu hamil adalah sekitar 75 gram per hari. Yang perlu dicatat, kebutuhan protein ini tidak hanya dari kuda laut, bisa dari sumber makanan lainnya.

2. Kesehatan Rambut dan Anti-fague

Manfaat kandungan tinggi protein dalam hewan laut yang satu ini tidak hanya untuk perkembangan janin. Kebanyakan ibu hamil memiliki masalah yang berhubungan dengan rambut dan otot yang mudah lelah. Oleh karena itu, kuda laut hadir dengan manfaatnya sebagai zat yang dapat memperbaiki sel-sel rambut dan masa otot, atau lebih dikenal dengan anti-fague (anti lelah).

3. Memulihkan Tenaga

Ketika tubuh membutuhkan protein dalam jumlah besar sedangkan tubuh-pun tidak dapat menghasilkannya sendiri, mengkonsumsi kuda laut cukup baik buat kamu. Asupan proteinnya akan membuat tubuh memiliki banyak tenaga untuk mendukung berbagai aktivitas harian. Mau coba?

4. Mencegah Depresi dan Insomnia

Apakah kamu penderita insomnia? Penyebab insomnia yang dikenal sebagai kesulitan untuk tidur ini diantaranya karena stress dan depresi. Ketika akan tidur, muncul bayang-bayang masalah yang dihadapi sehingga tidurpun terganggu. Nah, protein yang terkandung kuda laut memang ajaib. Insomnia bisa teratasi buat kamu yang merasa harus mengakhiri kebiasaan burukmu.

5. Menyembuhkan Gangren

Buat kamu yang memiliki riwayat diabetes, mungkin tak asing dengan istilah gangren. Buat kamu yang belum tahu, gangren yaitu kondisi serius yang muncul ketika banyak jaringan tubuh mengalami nekrosis atau mati. Hal ini terjadi setelah seseorang mengalami luka, infeksi, atau masalah kesehatan kronis yang memengaruhi sirkulasi darah. Kuda laut merupakan salah satu solusinya.

6. Penangkal Alzheimer

Seorang peneliti dan timnya telah melakukan uji in vivo yang dilanjutkan dengan uji praklinik. Ia menuturkan bahwa telah ditemukan suatu senyawa yang berpotensi sebagai penangkal alzheimer. Namun, untuk bisa disebut sebagai obat, senyawa aktif tersebut harus melewati beberapa tahap penelitian kembali.

7. Pembentuk Sel Darah Merah

Ekstrak kuda laut mengandung zat besi (Fe), taurin, dan progesteron yang tinggi. Oleh karenanya, kuda laut berperan sebagai suplai Fe yang menjadi salah satu komponen utama darah. Fe dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Nah, dengan kata lain, kuda laut juga bisa dikonsumsi untuk kamu yang memiliki Hb rendah.

8. Alternatif Pengobatan Osteosarcoma

Osteosarcoma merupakan salah satu jenis kanker tulang yang menyerang anak-anak dan remaja. Yun Ju Yang dan timnya telah melaporkan penelitiannya ke dalam jurnal yang berjudul ‘An Anti-inflammatory Peptide Isolated from Seahorse Hippocampus kuda bleeler Inhibits the Invasive Potential of MG-63 Osteosarcoma Cells’. Hasilnya mengatakan bahwa kandungan peptida dalam kuda laut dapat menghambat penyebaran sel kanker tulang. Wah hebat yaa!

9.  Kuda Laut sebagai Alternatif Pengobatan Kanker Payudara

Doksorubisin merupakan agen kemoterapi berspektrum luas. Namun, penggunaannya dibatasi karena adanya efek toksik terhadap jaringan normal (terutama jantung dan sistem imun). Kuda laut memiliki kandungan steroid, saponin dan glikosida yang berefek sitotoksik. Oleh karenanya, hewan ini diyakini mampu menjadi alternatif pengobatan kanker payudara.

10. Anti-bakteri

Rossita Shapawi dan tim telah melaporkan penelitiannya dalam International Journal of Natural Products Research bahwa ekstrak etil asetat kuda laut memperlihatkan zona hambat yang cukup baik terhadap bakteri gram negatif. Dengan kata lain, hewan ini mampu dikembangkan sebagai anti-bakteri.

Komentar